VENEWS.ID-Dua program Tim Media Cetak, Direktorat Pengelolaan Media (PM), Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen IKP Kominfo) yakni Komik Komunika dan Forum Merdeka Barat (FMB 9) menerima penghargaan PR INDONESIA Awards (PRIA) 2024.
Komik Komunika menerima penghargaan GOLD Winner pada Kategori Owned Media, Sub Kategori Media Cetak. Sedangkan FMB 9 “Fakta Bicara dari Lingkar Pertama” menerima SILVER Winner pada Kategori Program PR, Sub Kategori Program Government PR.
Direktur PM Ditjen IKP Kominfo, Nursodik Gunarjo, usai menerima pengharaan itu di Bali pada Kamis (7/3/2024) mengatakan Komik Komunika dan FMB 9 mampu menunjukkan gagasan-gagasan segar dan berani mengambil inisiatif untuk lebih inovatif serta kreatif.
“Dua program Dit PM Ditjen IKP itu juga merupakan bagian dari banyak kanal yang kami kelola, kami memang terus mencoba melakukan inovasi, kreatif juga beradaptasi dengan perkembangan saat ini terutama di era digital,” kata Nursodik Gunarjo.
Ia menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi penghargaan itu karena jelas membuktikan bahwa program pemerintah juga bisa terus memberikan sumbangsih pencerahan bagi publik, terutama terkait dengan program-program kerja pemerintah agar diseminasi informasinya bisa sampai maksimal ke masyarakat.
“Selamat kepada seluruh tim Dit PM Ditjen IKP Kominfo atas penghargaan itu, semoga bisa terus menjadi inspirasi serta motivasi untuk kemajuan dan kesuksesan bersama sebagai goverment public relation (GPR),” ujarnya.
Tak lupa, tambah Nursodik pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PR Indonesia serta seluruh stakeholders yang selama ini telah bekerja sama menyukseskan program-program di kanal-kanal Dit PM Ditjen IKP Kominfo.
Founder dan CEO PR INDONESIA, Asmono Wikan, dalam sambutan dan laporannya mengapresiasi para peserta PRIA tahun ini, “Pemenang yang kami cari adalah mereka yang mampu menunjukkan gagasan-gagasan segar dan berani mengambil inisiatif untuk lebih inovatif dan kreatif,” katanya.
Ia mengungkapkan, salah satu aspek penilaian yang mendapat perhatian serius dari para juri adalah strategi komunikasi terstruktur terhadap program Public Relation (PR).
PRIA 2024 lanjut Asmono, mengusung tema besar “Komunikasi yang Menginspirasi Peradaban” karena dalam pandangan PR INDONESIA Group, komunikasi kini tak hanya sekadar urusan remeh temeh tapi merupakan hal yang sangat krusial, strategis, dan memiliki makna mendalam bagi kehidupan personal manusia, sosial, maupun berbisnis.
“Baik buruknya peradaban sebuah bangsa, antara lain dipengaruhi atau dikontribusi oleh komunikasi,” lanjut Asmono.
Sementara itu, menurut salah satu Dewn Juri PRIA 2024, Fardila Astari, peserta tahun ini umumnya berhasil menunjukkan objective yang SMART (specific, measurable, achievable, relevant, time-bound) yang terkoneksi dengan masalah, dan kemudian ada solusi dari permasalahan tersebut.
Berdasarkan data yang diterima InfoPublik, PRIA 2024 menyediakan delapan kategori utama kompetisi yang terdiri dari Owned Media, Kanal Digital, Manajemen Krisis, Laporan Tahunan, Program Komunikasi CSR, Program PR, Departemen PR dan Terpopuler di Media Cetak 2023.
Serta tiga kategori Pilihan PR INDONESIA yang terdiri atas PR Campaign of The Year pilihan PR Indonesia, CSR Campaign of The Year pilihan PR Indonesia, Departement PR of The Year pilihan PR Indonesia, dan satu predikat Juara Umum: PRIA 2024 Platinum Awards.
PRIA 2024, diikuti oleh peserta sebanyak total 699 entry dari 129 Instansi.(infopublik.id)